Animasi adalah gambar bergerak dan kali ini kita pakai program macromedia flash aja ya….
secara garis besar animasi menggunakan macromedia flash di bedakan menjaadi beberapa bagian, diantaranya :
1. animasi frame by frame
animasi
ini pada dasarnya seperti menggambar di bagian belakang buku kita waktu
SD dan di gerakan satu persatu, atau dengan kata lain kita menggambar
satu persatu gambar per gerakan, umumnya digunakan untuk membuat animasi
kartun yang membutuhkan gambar detail. langkah-langkahnya kayak kurang
lebihnya seperti ini :
a. gambar smiley di stage menggunakan ‘oval tools‘ pada toolbox dan akan jadi seperti ini :
b. blok semua gambar dan jadikan satu group dengan menekan ‘ctrl + g’
c. klik kanan pada timeline 10, pilih ‘insert keyframe’ kemudian blok gambar dan pilih ungroup atau break apart dengan menekan tombol ‘ctrl + b’
d. ubah gambar mata pada gambar dengan agak terbuka seperti berikut
e. ualangi langkah yang sama pada time ke-10 dan buat agak lebar pada bagian matanya.
f. jalankan dengan menekan tombol ‘enter’
atau kalo pingin lihat hasilnya bisa download ke sini
2. animasi tweened
animasi ini lebih sederhana di bandingkan animasi frame by frame, kurang lebih seperti ini langkah-langkahnya :
a.
sebagai obyek saya menggunakan file superman agar lebih menarik, tapi
kita juga dapat menggunakan obyek bangun yang dibuat dengan toolbox.
b. setelah gambar selesai dibuat convert ke symbol agar lebih mudah dengan cara mengklik ‘F8′ atau menu ‘modify > convert to symbol’
c. klik 50 pada timeline kemudian klik kanan pilih ‘insert keyframe’
d. pindahkan obyek gambar ke tempat yang lain, kita dapat memodifikasi dengan menganti ukuran atau posisinya
e. klik kanan di antara waktu 0 s/d 50 kemudian pilih ‘create motion tween’ dan akan tampak seperti gambar berikut :
atau kalo mo download hasilnya dapat di klik di sini
3. animasi shape tweening
animasi
ini hampir sama seperti sebelumnya hanya ditambahkan perubahan bentuk
saya, sedangkan langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. lebih
asik menggunakan huruf atau bisa juga menggunakan bangun yang dibuat
dari toolbox. pindahkan kursor ke time 50 pada timeline kemudian klik
kanan dan pilih ‘insert keyfrema’
b. letakkan
kursor pada time 1 dan kita buat obyek gambar, kemudian letakkan kursor
di waktu 50 dan kita buat juga obyek gambar yang berbeda
c. klik time 1 pada timeframe, kemudian pada sebelah tengah bawah pilih ’shape’ pada menu ‘tween’ dan lakukan hal yang sama pada time 50 di timeframe.
Jumat, 04 Oktober 2013
Belajar Animasi Menggunakan Macromedia Flash
00.44
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar